Langsung ke konten utama

Pengertian Komputer


1.   Pengertian Komputer
 Komputer adalah alat yang dapat digunakan untuk menerima, mengolah, menyimpan, dan menampilkan data berdasarkan prosedur yang telah ditentukan.

2        2.  Pengertian Sistem Komputer

          Pengertian dari sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari komponen-komponen software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) komputer yang melakukan tugas tertentu, baik menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi kepada user. Selain itu dapat pula diartikan sebagai aktivitas interaksi manusia (brainware), perangkat lunak, dan perangkat keras yang terkait untuk menjalankan suatu pekerjaan.

          Komponen penyusun dari suatu sistem komputer terdiri dari manusia penggunanya, perangkat lunak, dan perangkat keras, dengan demikian bila salah satu penyusun sistem komputer tersebut tidak ada maka suatu sistem komputer yang baik tidak dapat terwujud. Perangkat keras komputer tidak berarti apa-apa jika tidak disertai dengan perangkat lunak dan manusia penggunanya.

3.             3. Komponen Sistem Komputer

          Komponen–komponen penyusun dalam suatu sistem komputer dibagi menjadi tiga, yang saling tidak terpisahkan yaitu :      

-         Hardware

-         Software

-         brainware.

  • Hardware 
         

     a.    Input Device

   Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh perangkat input antara lain seperti keyboard, pointing device, mouse, dan laim-lain. 


b.     Storage Device
Register CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpan data dengan kapasitas yang lebih besar sebagai media menyimpanan utama. Perangkat penyimpanan dibagi menjadi dua yaitu internal dan external storage.

c.      Output Device
Output device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (kertas), soft-copy (tampilan 
monitor), ataupun berupa suara. Beberapa contoh output device antara lain monitor, printer, dan speaker.

  •     Software

Software​​ atau perangkat lunak adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer dapat berupa program yang berguna untuk menjalankan​​ suatu perintah. Perangkat Lunak ini bersifat tidak dapat dipegang, dalam penggunaannya pun ​​ perangkat lunak di klasifikasikan menjadi 5 macam, yaitu:

      •                     1. Sistem Operasi (System Operation)

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga dapat mengatur kerja media input, output, media pemroses, dll. seperti:​​ Windows 7, Windows 8, Windows 10, MacOs, Linux, dll.

 

      •                      2. Program Aplikasi

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang di rancang khusus untuk kebutuhan​​ tertentu, misalnya program pengolah kata, pengolah presentasi, design grafis, dll. Seperti:​​ MS Word, MS Excel, Adobe Photoshop, dll.

      • 3. Bahasa Pemograman

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan intruksi-intruksi yang di​​ tulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan prosedur atau aturan tertentu agar diterima oleh komputer.

      • ​​ 4. Program Bantu

Perangkat lunak ini berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, seperti:​​ Antivirus, CC Cleaner, Winrar, dll.


  •     Brainware
            

Brainware​​ adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer.​​ Brainware​​ ​​ sering juga disebut sebagai perangkat intelektual yang memakai dan menjelajahi kemampuan​​ Hardware​​ ataupun​​ Software.​​ Pengguna komputer biasa disebut dengan user namun user sendiri ada macamnya, yaitu:

      • ​​1. Programmer

Programmer​​ adalah orang yang punya kemampuan dalam bahasa pemrograman, sering berperan sebagai pembuat perangkat lunak yang di perlukan pada sistem komputerisasi.


      • 2. Administrator

Administrator​​ adalah orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang di gunakan pada komputer atau jaringan komputer.

      • ​​ 3. Operator

Operator​​ adalah orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer.

 




Sekian Materi dari saya 😊

Semoga bermanfaat 😊




     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Software Aplikasi Komputer

  Computer Application Software Pengertian Software Software  adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat  karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.     Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan  hardware  sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user. Pengertian Software Aplikasi Software aplikasi secara umum yaitu suatu sistem atau program komputer yang memiliki fungsi sebagai fasilitas digital yang membantu penggunanya menyelesaikan tugas atau pekerjaan berupa pengolahan kata, gambar, angka, suara, dan sebagainya. Fungsi Software Aplikasi 1.  Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan

IP Address

 Pengertian IP Address (internet protocol address)  IP Address (internet protocol address)  merupakan pengenal yang digunakan untuk memberikan alamat pada tiap-tiap komputer dalam jaringan. Alamat IP merupakan representasi dari 32 bit bilangan biner yang ditampilkan dalam bentuk desimal dengan  dipisah tanda titik. IP Address terdiri atas network ID dan host ID. Network ID (NetID) menunjukkan nomor jaringan sedangkan host ID mengidentifikasikan host dalam satu jaringan.  Fungsi IP Address —   IP Address digunakan sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan       Fungsi ini diilustrasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut. Dalam jaringan komputer pun berlaku hal yang sama yaitu alamat IP Address yang unik tersebut akan digunakan untuk mengenali sebuah komputer atau device pada jaringan. —   IP Address digunakan sebagai alamat lokasi jaringan        Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang   menunjukkan lokasi k

Sharing Resource

 SUMBER DAYA BERBAGI PAKAI    1. Pengertian Sharing Resource Definisi sharing resource, Resource atau sumber daya merupakan semua perangkat keras atau sebuah virtual sistem yang terhubung ke sebuah sistem. Untuk sistem komputer memiliki beberapa resource seperti printer, memori, hard disk dan sebagainya. Resource yang tadi merupakan resource yang berupa perangkat keras. Untuk vitual sistem bentuk sumber daya(resource) berupa waktu cpu, file atau berupa koneksi jaringan.Seperti kita ketahui bahwa resource bisa dikategorikan perangkat keras atau virtual sistem. 1.1     Tujuan Sharing Resource Fungsi dari metode sharing resource adalah untuk berbagi data atau perangkat keras antar komputer yang berada dalam satu jaringan yang sama. Saat metode ini diterapkan, maka setiap pengguna komputer dapat dengan mudah berbagi perangkat keras ataupun data yang dibutuhkan. Tidak perlu lagi bergantian dan saling meminjam yang membuat repot dan kurang efisien. Sistem operasi yang digunakan pun tidak te