Langsung ke konten utama

Komponen Komputer

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Putri Ayumi, S.Kom
ayumiputri35@gmail.com


            “Apa yang dimaksud dengan hardware ?” pertanyaan tersebut terlihat mudah tapi juga terlihat sulit. Kebanyak orang hanya mengenal hardware dan tidak mampu mendifinisikan pengertian dari hardware itu sendiri. Hardware adalah perangkat keras computer yang nampak secara fisik dan dapat di raba. Berdasarkan sifat dan kegunaannya perangkat keras computer (hardware computer) dapat dikelompokan menjadi 4 bagian : 
A. Perangkat input 
B. Perangkat keluaran 
C. Perangkat proses; dan 
D. Perangkat penyimpanan

A. Perangkat Input 
   Perangkat input adalah alat yang digunakan untuk memasukan data untuk diolah oleh computer. Contoh alat input computer adalah sebagai berikut :

 a. Keyboard 
    Keyboard adalah sebuah papan kunci yang terdiri dari deretan huruf dan angka.
Gambar 1 Keyboard


b. Mouse / tetikus 
  Mouse adalah alat yang digunakan untuk menggerakan kursor dan menunjuk aplikasi program pada layar monitor. Jenis-jenis mouse berdasarkan kabel yang digunakan : 
1. Mouse Serial 

Gambar 2 Mouse serial


 2. Mouse PS2 
Gambar 3 Mouse PS2


3. Mouse USB
Gambar 4 MouseUSB




4. Mouse Wireless
Gambar 5 Mouse Wireless

c. Scanner 
  Scanner adalah alat yang digunakan untuk merubah teks atau gambar menjadi teks atau gambar digital untuk di olah di computer. 

Gambar 6 Scanner


d. Optical Drive 
  Optical Drive atau yang lebih dikenal dengan istilah Optical Disk Drive (ODD) adalah salah satu perangkat keras yang umumnya terdapat pada PC maupun laptop. ODD digunakan untuk membaca dan menulis data ke CD dan DVD, yang dikenal dengan istilah burning. ODD menggunakan sinar laser pada spektrum untuk membaca dan menulis data ke piringan CD maupun DVD.
Gambar 7 Optical Drive


e. Joystick 
    Joystick atau tuas control adalah alat yang digunakan untuk menggerakan kursor ke segala arah biasanya digunakan untuk permainan computer.


Gambar 8 Joystik

f. Floppy Disk Drive
   FDD adalah alat yang digunakan untuk membaca dan merekam data dengan media penyimpanan disket.








B. Perangkat Output 
Alat output adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari proses pengolahan pada CPU. Contoh alat output computer adalah sebagai berikut 
a. Monitor
   Monitor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Monitor sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
 - Monitor CRT (Cathode ray Tube) 
- LCD (Liquid Crystal Display)

Berikut adalah gambar dari kedua monitor tersebut :

        




Gambar 10 Monitor LCD
Gambar 11  Monitor CRT


b. Printer
    Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak hasil pengolahan pada komputer menjadi hardcopy. Terdapat 3 jenis printer yaitu : 
- Printer Dotmatrix 
- Printer Inkjet
- Printer Laserjet

                                                           Gambar 12 printer dotmatrix

Gambar 13 printer inkjet


Gambar 14 printer laserjet





Sekian materi dari saya 😊
Semoga bermanfaat 😊




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Software Aplikasi Komputer

  Computer Application Software Pengertian Software Software  adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat  karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.     Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan  hardware  sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user. Pengertian Software Aplikasi Software aplikasi secara umum yaitu suatu sistem atau program komputer yang memiliki fungsi sebagai fasilitas digital yang membantu penggunanya menyelesaikan tugas atau pekerjaan berupa pengolahan kata, gambar, angka, suara, dan sebagainya. Fungsi Software Aplikasi 1.  Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan

IP Address

 Pengertian IP Address (internet protocol address)  IP Address (internet protocol address)  merupakan pengenal yang digunakan untuk memberikan alamat pada tiap-tiap komputer dalam jaringan. Alamat IP merupakan representasi dari 32 bit bilangan biner yang ditampilkan dalam bentuk desimal dengan  dipisah tanda titik. IP Address terdiri atas network ID dan host ID. Network ID (NetID) menunjukkan nomor jaringan sedangkan host ID mengidentifikasikan host dalam satu jaringan.  Fungsi IP Address —   IP Address digunakan sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan       Fungsi ini diilustrasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut. Dalam jaringan komputer pun berlaku hal yang sama yaitu alamat IP Address yang unik tersebut akan digunakan untuk mengenali sebuah komputer atau device pada jaringan. —   IP Address digunakan sebagai alamat lokasi jaringan        Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang   menunjukkan lokasi k

Sharing Resource

 SUMBER DAYA BERBAGI PAKAI    1. Pengertian Sharing Resource Definisi sharing resource, Resource atau sumber daya merupakan semua perangkat keras atau sebuah virtual sistem yang terhubung ke sebuah sistem. Untuk sistem komputer memiliki beberapa resource seperti printer, memori, hard disk dan sebagainya. Resource yang tadi merupakan resource yang berupa perangkat keras. Untuk vitual sistem bentuk sumber daya(resource) berupa waktu cpu, file atau berupa koneksi jaringan.Seperti kita ketahui bahwa resource bisa dikategorikan perangkat keras atau virtual sistem. 1.1     Tujuan Sharing Resource Fungsi dari metode sharing resource adalah untuk berbagi data atau perangkat keras antar komputer yang berada dalam satu jaringan yang sama. Saat metode ini diterapkan, maka setiap pengguna komputer dapat dengan mudah berbagi perangkat keras ataupun data yang dibutuhkan. Tidak perlu lagi bergantian dan saling meminjam yang membuat repot dan kurang efisien. Sistem operasi yang digunakan pun tidak te