Langsung ke konten utama

Sistem Operasi


Putri Ayumi, S.Kom
ayumiputri35@gmail.com



 1. PENGERTIAN SISTEM OPERASI

        Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

2. FUNGSI DASAR SISTEM OPERASI

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Ada beberapa fungsi dari Sistem Operasi :

       Menjalankan operasi dasar

    Sebelum aplikasi berjalan dapat berfungsi pada suatu komputer, maka sistem opersilah yang memungkinkan program atau aplikasi tersesbut dapat berjalan dan ditampilkan kepada pengguna atau user yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

       Mengatur kerja Hardware dan Software

    Maksudnya, sistem operasi berfungsi untuk mengontrol fungsi perangkat keras seperti memori, CPU, harddisk, dan perangkat keras lainnya dan juga mengatur fungsi perangkat software yang terhubung pada perangkat keras tersebut.

       Wadah program atau aplikasi

    Aplikasi-aplikasi tersebut sebenarnya sudah tersimpan pada perangkat penyimpanan akan tetapi sebenarnya aplikasi atau program tersebut berada pada wdah yang merupakan sistem operasi itu sendiri. Aplikasi tersebut melekat pada sistem operasi dan tidak bisa berfungsi tanpa adanya sistem operasi.

       Menyajikan Tampilan

    Sistem operasi memudahkan aplikasi berjalan sekaligus menampilkannya pada monitor layar pada komputer dan menerjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU kemudian menampilkannya dalam bentuk teks, grafis dan tampilan yang lainnya yang mudah dimengerti.

       Mengkordinasi kerja perangkat komputer

    Mengkordinasi segala hal di dalam komputer terutama menyusun program yang sifatnya kompleks menjadi sederhana dan berurutan sehingga sistem operasi memudahkan suatu aplikasi agar dapat bekerja lebih efisien.

       Mengoptimalkan fungsi perangkat komputer

    Misalnya dalam hal mengatur waktu berfungsinya CPU, pemanggilan data yang tersimpan dalam memori harddisk, ataupun pengaturan waktu yang digunakan untuk koneksi dalam terminal.

       Mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program

    Semua yang tersimpan dalam komputer juga dilindungi oleh sistem operasi dan hanya bisa diakses oleh orang yang berhak mengaksesnya atau atau memiliki kendali suatu perangkat komputer.

3. LAYANAN SISTEM OPERASI

a. Pembuatan program

b. Eksekusi program

c. Pengaksesan I/O device

d. Pengaksesan terkendali terhadap berkas

e. Pengaksesan sistem 

f. Deteksi dan pemberian tanggapan terhadap masalah

g. Akunting


4. KLASIFIKASI SISTEM OPERASI

a. Berdasarkan End-User Interface

  Gui (Grafical Logical Unit)

      operasi berbasis grafis atau dengan kata lain semua intruksi atau perintah dalam mode grafis.GUI menjadi salah satu factor kemudahan dalam penggunaan komputer. Peranti penggerak seperti pemutar mp3, pemutar media portable atau piranti permainan, peralatan rumah tangga dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk penggunna menggunakan icon grafis.Contoh system operasi berbasis GUI adalah windows, mac os (apple), solaris dll.

  CLI (Command Line Interface)

   CLI atau antar muka garis perintah adalah mekanisme interaksi user dengan sistem operasi dengan mengetikan perintah untuk menjalankan tugas tertentu.
      contoh sisitem operasi berbasis CLI adalah dos (windows ), terminal di linux, dll

  VLI (Voice Line Interface)
pelayanan sistem operasi menggunakan basis suara atau semua interuksi menggunakan suara untuk menjalankan perintah / tugas tertentu.

 b. Berdasarkan Pembuatannya

  windows 

   sistem operasi yang di rilis oleh perusahaan microsoft yang di ketuai oleh bill gates. OS ini merupakan OS yang yang harus di beli untuk dimiliki oleh pengguna, namun dibalik semua itu, OS ini  paling banyak di gunakan oleh operator (pengguna) di seluruh dunia. alasannya OS ini selain memiliki tampilan yang sangat baik, juga sangat nyaman dan mudah untuk digunakan.

  linux

         sistem operasi ini merupakan sistem operasi free (gratis) dan setiap pengguna di berikan              kebebasan untuk mengembangkan OS ini. oleh sebab itu linux memiliki varian yang sangat banyak dan bisa mencapai seribu distro. linux banyak di gunakan dalam hal jaringan karena linux merupakan OS yang memiliki ketahanan dan keamanan yang sangat baik. 

c. Berdasarkan Penggunanya

  SINGLE USER - SINGLE TASKING

    system operasi ini bekerja dengan satu user dan satu pekerjaan yang sedang di jalankan atau di proses. misalnya nih si user atau manusia sedang menjalankan satu program dalam komputer nah si user itu tidak dapat menjalankan program lain karena system operasi ini hanya bisa memproses satu pekerjaan saja maka si user harus mengeluarkan terlebih dalu program yang sedang berjalan baru bisa menjalankan program yang lain. sekarang sudah ada gambaran kan tentang system operasi ini saya juga ingin memberikan contoh dari system operasi ini yaitu MS.DOS.

  SINGLE USER - MULTI TASKING

    sangat berbeda dengan system operasi di atas karena system operasi ini bekerja dengan satu user dan dapat mengerjakan banyak pekerjaan atau proses. kalau kita menggunakan system operasi ini di jamin puas  karena tidak perlu repot close program, buka program. Karena system operasi ini memang di desain untuk memudahkan si user menjalankan banyak program dalam waktu yang bersamaan misalnya saat kita menjalankan program pemutar musik, nah di saat yang bersamaan kita ingin membuka program baru itu nggak masalah karena kita bisa menjalankannya sekaligus. System operasi ini adalah system operasi yang berkembang pada jaman sekarang dan salah satu system operasinya adalah windows.

  MULTI USER - SINGLE TASKING

    system operasi ini adalah system operasi yang membutuhkan banyak user untuk mengerjakan satu pekerjaan. misalnya adalah saat kita akan membuat sebuah film ataupun cartoon maka perlu banyak user untuk mengerjakannya karena pembuatan film atau cartoon menbutuhkan waktu yang sangat panjang.




Sekian Materi dari saya 😊

Semoga bermanfaat..😊


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Software Aplikasi Komputer

  Computer Application Software Pengertian Software Software  adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat  karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.     Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan  hardware  sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user. Pengertian Software Aplikasi Software aplikasi secara umum yaitu suatu sistem atau program komputer yang memiliki fungsi sebagai fasilitas digital yang membantu penggunanya menyelesaikan tugas atau pekerjaan berupa pengolahan kata, gambar, angka, suara, dan sebagainya. Fungsi Software Aplikasi 1.  Menyediakan fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya ketersediaan sistem operasi dan

IP Address

 Pengertian IP Address (internet protocol address)  IP Address (internet protocol address)  merupakan pengenal yang digunakan untuk memberikan alamat pada tiap-tiap komputer dalam jaringan. Alamat IP merupakan representasi dari 32 bit bilangan biner yang ditampilkan dalam bentuk desimal dengan  dipisah tanda titik. IP Address terdiri atas network ID dan host ID. Network ID (NetID) menunjukkan nomor jaringan sedangkan host ID mengidentifikasikan host dalam satu jaringan.  Fungsi IP Address —   IP Address digunakan sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan       Fungsi ini diilustrasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut. Dalam jaringan komputer pun berlaku hal yang sama yaitu alamat IP Address yang unik tersebut akan digunakan untuk mengenali sebuah komputer atau device pada jaringan. —   IP Address digunakan sebagai alamat lokasi jaringan        Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang   menunjukkan lokasi k

Sharing Resource

 SUMBER DAYA BERBAGI PAKAI    1. Pengertian Sharing Resource Definisi sharing resource, Resource atau sumber daya merupakan semua perangkat keras atau sebuah virtual sistem yang terhubung ke sebuah sistem. Untuk sistem komputer memiliki beberapa resource seperti printer, memori, hard disk dan sebagainya. Resource yang tadi merupakan resource yang berupa perangkat keras. Untuk vitual sistem bentuk sumber daya(resource) berupa waktu cpu, file atau berupa koneksi jaringan.Seperti kita ketahui bahwa resource bisa dikategorikan perangkat keras atau virtual sistem. 1.1     Tujuan Sharing Resource Fungsi dari metode sharing resource adalah untuk berbagi data atau perangkat keras antar komputer yang berada dalam satu jaringan yang sama. Saat metode ini diterapkan, maka setiap pengguna komputer dapat dengan mudah berbagi perangkat keras ataupun data yang dibutuhkan. Tidak perlu lagi bergantian dan saling meminjam yang membuat repot dan kurang efisien. Sistem operasi yang digunakan pun tidak te